Enter your keyword

Kamis, 06 Juli 2017

Bank Sampah Nurul Hikmah Desa Tuwel Makin Eksis

RADARDESA - Sampah sudah bukan lagi menjadi masalah orang perorang tetapi sudah menjadi permasalahan yang mendunia, hampir dimana mana kita temui permasalahan akibat sampah,bisa di katakan masalah sampah adalah masalah nomor satu di dunia.


Namun di Desa Tuwel kecamatan Bojong kabupaten Tegal Jawa Tengah permasalahan ini justru menjadi menguntungkan dan dapat menambah perekonomian masyarakat di wilayah tersebut.
Ibu Humairoh warga DesaTuwel kecamatan Bojong kab.Tegal dengan kegigihannya berupaya mengajak kaum ibu di wilayahnya untuk berbuat sesuatu dengan sampah,alhasil hingga saat ini terbentuk Bank Sampah dengan nama "Nurul Hikmah" dengan pelindung Dra. Hj Umi Azizah (wakil Bupati Tegal), ketua Hj Khurun Aini S.Ag dan Ketua II Hj. Maya Kholidah.

Beliau ( ibu Humairoh) saat di konfirmasi menerangkan, “Awal pembentukan bank sampah ini sangat sulit,rasa gengsi dan malu selalu membayangi kaum ibu,sengaja saya mengajak kaum ibu selain mereka punya banyak waktu dan ini menjadi celengan bagi mereka, sebab hasil dari barang yang mereka serahkan di ambil nanti saat hari raya.setiap harinya para ibu ibu menyerahkan barang barang bekas antara lain botol aqua,kaleng bekas dll,sementara bagi mereka yang tidak sempat menyerahkan kami juga menyediakan tenaga untuk mengambil dengan di bantu pemuda pemuda yang tergabung dalam Komunitas Tiga Surau”.

Suka duka yang dialami memang banyak namun tidak membuat semangat ibu Humairoh tertunda atau mundur  selangkah pun tetapi justru menjadi motivasi dan penyemangat untuk tetap beraktifitas.dalam hal ini beliau (ibu Humairoh) menambahkan selain bank sampah ibu ibu di wilayahnya juga mencoba membuat pupuk kompos dengan alat alat sederahana agar sampah yang yang menumpuk bisa di hasilkan dan bermanfaat.

Beliau juga berharap agar nantinya setiap RT (Rukun Tetangga) dapat membuat bank sampah, jadi di tiap-tiap RT nantinya ada bank sampah.hingga saat ini bank sampah binaannya sudah beranggotakan 180 orang yang kesemuanya rata rata kaum ibu, prestasi yang luar biasa tak hanya itu beliau (ibu Humairoh) sering mendapat kunjungan dari berbagai daerah dan kebanyakan dari mereka ingin belajar serta akan menerapkan di wilayahnya.

Sumber: Radar Desa

1 komentar:

  1. Sekarang gak berjalan sama sekali , hanya di rt tertentu tok .... Payah

    BalasHapus

Artikel